Cara Penerbitan Obligasi Korporasi

Posted on

Obligasi korporasi adalah alat keuangan dimana perusahaan meningkatkan pembiayaan. Mereka adalah alternatif untuk mendapatkan pinjaman bank atau menerbitkan saham ekuitas. Dengan uang yang diperoleh dari penjualan obligasi, perusahaan membiayai berbagai perbaikan (misalnya, pertumbuhan bisnis, pabrik baru, atau peralatan baru). Dengan membeli obligasi korporasi, investor pada dasarnya membeli surat promes dari perusahaan yang akan dilunasi setelah waktu yang telah ditentukan (tanggal kedaluwarsa). Selain itu, obligasi umumnya akan melakukan pembayaran kupon, yaitu pembayaran berbasis bunga yang dilakukan kepada pemegang obligasi secara berkala (umum untuk setengah tahunan).[1] X Sumber yang dapat dipercaya Komisi Sekuritas dan Bursa AS Go to source Biasa,

Membuat keputusan untuk menerbitkan obligasi korporasi

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Pertimbangkan pembiayaan internal terlebih dahulu. Ini biasanya lebih murah daripada mencari pembiayaan eksternal untuk suatu proyek. Tinjau keuangan bisnis Anda untuk menemukan area di mana uang dapat disimpan atau dana dialihkan. Beberapa area yang harus ditinjau adalah: di dalam cabang, manfaat eksekutif, belanja modal, dan biaya perekrutan, antara lain.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Pertimbangkan opsi penggalangan dana alternatif di luar. Jika Anda memutuskan bahwa Anda membutuhkan pembiayaan dari luar, Anda dapat menjual saham atau mengambil pinjaman. Meskipun pinjaman dapat memberikan modal bisnis dengan andal, pinjaman juga dapat membatasi aktivitasnya dan membebankan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada penerbitan obligasi. Dalam hal menerbitkan saham, perusahaan bisa mendapatkan modal yang lebih murah lagi, meskipun nantinya mereka akan menjual lebih banyak lagi kepemilikannya kepada investor dan mungkin harus bertanggung jawab untuk memenuhi permintaan mereka.

Perusahaan yang sudah memiliki utang dalam jumlah besar sebaiknya tidak menerbitkan obligasi. Ini karena menerbitkannya hanya meningkatkan hutang dan membuat perusahaan yang sudah tidak stabil bahkan lebih.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Pertimbangkan penempatan pribadi. Ini melibatkan penjualan saham atau obligasi yang tidak terdaftar (yaitu tidak terdaftar di sekuritas lokal dan komisi pertukaran atau yang setara) kepada investor institusi. Obligasi jenis ini lebih murah untuk diterbitkan karena biaya regulasi dan pemasaran yang lebih rendah, sehingga obligasi ini mungkin menguntungkan bagi perusahaan. Namun, penerbitan obligasi ini masih memerlukan bantuan bank investasi tidak hanya untuk mengajukan niat yang tepat dan memorandum penempatan pribadi tetapi juga untuk menghubungkan perusahaan penerbit obligasi dengan investor institusi (dana besar). non perbankan).

Penempatan pribadi menguntungkan bagi perusahaan kecil, karena proses penerbitannya lebih sederhana dan persyaratan ukuran minimum lebih rendah. Secara umum, obligasi korporasi biasa harus diterbitkan minimal dalam puluhan atau ratusan juta dolar, sedangkan private placement dapat diterbitkan dengan nilai total yang jauh lebih rendah.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Perhitungan biaya penerbitan obligasi. Jika ingin menerbitkan obligasi korporasi, perusahaan harus yakin dapat melakukan pembayaran atas obligasi tersebut. Artinya, arus kas di masa depan harus cukup untuk menutupi tidak hanya pembayaran kupon setiap 6 bulan atau setiap tahun, tetapi juga nilai nominal obligasi saat mencapai exp. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan jadwal pembayaran bonus potensial serta pendapatan dan pengeluaran perusahaan di masa depan.

Demikian juga, perusahaan harus memperhitungkan biaya transaksi yang terkait dengan penerbitan obligasi. Ini akan dibebankan oleh bank investasi.

Karena itu, umumnya bukan ide yang baik bagi perusahaan baru untuk menerbitkan obligasi, karena mereka mungkin memiliki pendapatan yang rendah atau negatif untuk beberapa tahun pertama operasi, sehingga tidak mungkin bagi mereka untuk memenuhi kewajiban utang mereka.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Tentukan syarat-syarat obligasi. Obligasi diterbitkan dengan jangka waktu tertentu, dan durasi serta frekuensi pembayarannya akan tergantung pada kebutuhan modal Anda. Selain itu, bonus akan dinilai berdasarkan risiko berdasarkan profil risiko perusahaan Anda. Dengan menggabungkan faktor-faktor ini, tingkat bunga obligasi ditentukan. Selain itu, analisis pasar akan menentukan harga obligasi. Meskipun ini adalah persyaratan dasar bonus, mungkin ada yang lain, termasuk yang berikut:

Apakah obligasi dijamin dengan aset perusahaan atau tidak. Obligasi ‘terjamin’ ini memungkinkan investor untuk mengklaim aset perusahaan jika pembayaran obligasi tidak dilakukan. Karena hutang yang dijamin tidak dianggap berisiko, mungkin membawa pembayaran bunga yang lebih rendah untuk penerbit.

Bonus yang dapat ditebus: Ini dapat “ditebus” atau dibayarkan sebelum tanggal kedaluwarsa.

Obligasi Konversi: Ini dapat dikonversi menjadi sejumlah saham perusahaan. Idealnya, obligasi ini memungkinkan investor mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham dan kemudian perusahaan tidak memiliki tanggung jawab untuk membayar obligasi tersebut.

Mendaftarkan penerbitan obligasi

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Tulis prospektus distribusi publik. Prospektus awal penerbitan obligasi korporasi harus disebarluaskan, artinya harus tersedia untuk umum dan memenuhi kriteria tertentu. Dalam prospektus, informasi berikut harus ditentukan:

sifat bisnis penerbit

profil manajemen pada emiten

daftar investor utama

kondisi atau karakteristik obligasi yang diterbitkan

risiko keuangan yang melekat pada perusahaan atau obligasi

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Kumpulkan informasi tambahan yang diperlukan. Mungkin perlu untuk menyerahkan informasi tambahan tambahan ke sekuritas lokal dan komisi pertukaran (atau yang setara) pada saat penerbitan obligasi didaftarkan. Entitas ini akan menentukan sifat informasi ini, tetapi umumnya akan diperlukan untuk menyediakan catatan keuangan dan laporan bisnis untuk tahun berjalan dan terkadang untuk beberapa tahun sebelumnya. Dokumen-dokumen ini harus sesuai dengan standar pelaporan keuangan internasional (IFRS) dan harus disiapkan oleh akuntan publik bersertifikat.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Kumpulkan informasi dan ajukan pernyataan pendaftaran dengan sekuritas lokal Anda dan komisi pertukaran (atau setara Anda). Dalam hal penerbit telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi atau konsorsium penjaminan, semua pihak yang akan berpartisipasi dalam kesepakatan (termasuk penerbit dan anggota konsorsium penjaminan) harus bekerja sama dalam format pernyataan pendaftaran. Jika tidak, penerbitlah yang akan bertanggung jawab untuk menyajikan dokumen ini.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Tidak ada prosedur sebelum mendapat persetujuan. Tidak mungkin menawarkan obligasi korporasi untuk dijual kepada publik tanpa persetujuan dari sekuritas lokal dan komisi pertukaran (atau setara Anda). Jika pendaftaran Anda bermasalah, Anda akan dipaksa untuk memperbaikinya agar dapat melanjutkan.

Buat proposal penawaran

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Mintalah proposal dari perusahaan asuransi. Penanggung adalah bank investasi yang berfungsi sebagai perantara antara penerbit obligasi dan investor. Anda harus menghubungi beberapa bank ini untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk mengasuransikan penerbitan obligasi Anda. Bank yang tertarik akan mengirimkan prospektus awal, yang biasanya berwarna merah, menguraikan strategi mereka untuk menjual obligasi, termasuk penetapan harga, strategi pemasaran, dan rencana sindikasi.

Penerbit mungkin perlu bertemu dengan lebih dari satu bank beberapa kali untuk mengklarifikasi strategi proposal dan menegosiasikan persyaratan.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Pilih perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan perusahaan Anda (penerbit) untuk memulai proses penerbitan obligasi korporasi, yang akan menentukan rincian obligasi, termasuk tanggal kadaluarsa, tingkat bunga yang akan ditawarkan dan harga obligasi. obligasi. obligasi. Baik penerbit maupun perusahaan asuransi akan memiliki perwakilan hukum.

Bank investasi bertindak sebagai penjamin emisi karena mereka memahami pasar obligasi dan peraturan lebih baik daripada penerbit.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Undang lebih banyak perusahaan asuransi untuk terlibat dalam kesepakatan. Perusahaan asuransi utama akan mengundang perusahaan investasi lain untuk bergabung dengan kesepakatan ini, dan mereka yang menerima undangan akan membentuk apa yang dikenal sebagai kumpulan jaminan. Setelah konsorsium ini terbentuk, proyek tersebut akan dianggap resmi “diperkenalkan”.

Dengan membentuk kumpulan, perusahaan asuransi dapat mengurangi risiko individu mereka dan menjangkau kumpulan investor potensial yang lebih besar.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Tetapkan harga obligasi. Perbaiki harga akhir masalah setelah Anda mengirim surat pendaftaran dan menerima pesanan obligasi awal. Anda harus menunjukkan harga akhir kepada entitas informasi perdagangan lokal (atau yang setara).

Penanggung harus menetapkan harga obligasi sesuai dengan apa yang dipahami entitas ini tentang pasar obligasi, yang mencakup evaluasi permintaan obligasi jenis ini, obligasi dalam industri, dan minat serta keyakinan pada obligasi. pemancar.

Ini berarti bahwa penerbit tidak terlibat dalam menentukan harga obligasi selain memilih penjamin emisi untuk membantu penetapan harga ini.

Seringkali, dalam proposal penawaran, bank investasi akan memasukkan ketentuan bahwa ia akan membeli sejumlah tertentu dari semua obligasi yang diterbitkan, dalam hal ini bank akan berusaha untuk menjual obligasi tersebut kepada publik dengan harga lebih tinggi daripada yang telah membayar. Perbedaan ini dikenal sebagai spread .

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Menyusun proposal penawaran. Dalam proposal penawaran yang telah selesai akan ada empat bagian terpisah yang menjelaskan penerbit dan obligasi yang akan diterbitkan:

Ringkasan eksekutif: Ini merangkum sifat penerbit, keuangan utamanya, tujuan terkait penerbitan obligasi dan risiko terkait, jika ada.

Pertimbangan investasi: Ini adalah persyaratan obligasi, termasuk harga, jaminan, kondisi, dan banyak lagi.

Ringkasan industri: Ini membandingkan posisi penerbit relatif terhadap orang lain dalam industri, serta analisis industri secara keseluruhan.

Model keuangan: Ini menentukan tingkat kupon awal dan proyeksi keuangan perusahaan. Informasi ini merupakan perkiraan dan tidak boleh dianggap mengikat atau sepenuhnya benar.

Menyelesaikan penerbitan obligasi

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Negosiasikan operasi pembelian berikat. Ini mengacu pada transaksi di mana perusahaan asuransi membeli sejumlah saham dari penerbit obligasi untuk dijual kembali sendiri. Penerbit setuju untuk jatuh tempo dan hasil untuk obligasi ini, yang kemudian ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi kemudian dapat menjual kembali obligasi ini kepada anggota pool, investor institusi, dan masyarakat untuk mendapatkan keuntungan ( spread ).

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Cari pasar yang sesuai untuk obligasi. Sisa obligasi yang tidak dijual kepada investor institusi atau anggota konsorsium akan dijual ke publik. Obligasi publik dapat diterbitkan di pasar modal atau pasar perbankan, atau keduanya. Anda harus bekerja dengan perusahaan asuransi atau kelompok penjaminan untuk menentukan pasar terbaik untuk obligasi Anda berdasarkan sifat penerbitannya.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Ketentuan bonus berakhir. Jatuh tempo, suku bunga dan harga obligasi akan ditetapkan secara resmi sebelum dijual. Harga ini hanya mengacu pada penjualan di pasar perdana, yang merupakan pertama kalinya obligasi dijual. Kemudian, obligasi yang diperdagangkan dari aslinya diperdagangkan di pasar sekunder dan harganya bisa berubah. Namun, emiten hanya akan menerima dana hasil penjualan obligasi di pasar perdana.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Komersialisasi obligasi. Jika Anda tinggal di AS, manajer utama akan melakukan kuesioner dari Depositary Trust & Clearing Corporation (“Depositary Trusts and Compensation Corporation” atau DTC) yang dengannya Anda dapat memenuhi syarat untuk layanan bonus yang ditawarkan oleh entitas ini, seperti distribusi dan deposit. Setelah masalah disetujui, Anda dapat mulai berdagang dan menerima pesanan bonus.

Obligasi dapat dipasarkan kepada investor melalui kontak pribadi perusahaan asuransi atau melalui publikasi keuangan (sebagai contoh, Wall Street Journal atau Barron jika Anda tinggal di AS).

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Memberikan bonus kepada pembeli. Setelah Anda menerima pembayaran obligasi, menghasilkan obligasi korporasi dan telah menyetorkannya ke DTC (jika Anda tinggal di AS), perusahaan asuransi utama akan menangani distribusi obligasi ke sindikat penjaminan, pada gilirannya, menerbitkan obligasi kepada investor. Terkadang penghargaan ini dikenal sebagai sindikasi.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Bagikan dananya. Setelah obligasi dijual, penjamin emisi utama bertanggung jawab untuk mendistribusikan dana kepada penerbit, yang kemudian dapat menggunakannya untuk memulai atau melanjutkan proyek atau pembelian modal yang awalnya akan dibiayai dengan mereka.

Penjual obligasi private placement

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Pilih penempatan pribadi daripada penerbitan publik. Perusahaan dapat memilih untuk menerbitkan obligasi di pasar swasta karena berbagai alasan. Dalam beberapa kasus, mereka melakukannya karena penempatan pribadi biasanya dapat diterbitkan dengan biaya lebih rendah kepada penerbit, karena biaya perusahaan asuransi mungkin lebih rendah atau tidak ada. Dalam kasus lain, perusahaan memasuki pasar untuk menjaga keuangan mereka tetap pribadi atau untuk mendiversifikasi kreditur mereka. Juga, beberapa perusahaan kecil tidak dapat menerbitkan obligasi secara publik karena nilai total dari penerbitan obligasi tidak memenuhi batas perusahaan asuransi.

Secara teori, penempatan pribadi bisa dalam berbagai ukuran, mulai dari penawaran yang sangat kecil kurang dari $1 juta hingga penawaran yang sangat besar yang mencapai miliaran dolar.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Tentukan syarat-syarat obligasi. Obligasi penempatan swasta dapat memiliki persyaratan yang sama dengan obligasi publik, artinya Anda dapat menetapkan harga, tingkat bunga, dan masa berlaku obligasi bersama dengan kondisi lain (misalnya, menjadikannya dapat dikonversi atau dapat ditarik). . Saat menentukan harga obligasi ini, perlu diingat bahwa obligasi yang ditempatkan secara pribadi biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada obligasi yang diterbitkan secara publik.

Bank investasi tidak diperlukan untuk penerbitan private placement, tetapi mungkin berguna bagi penerbit untuk menetapkan persyaratan obligasi dengan cara yang menarik bagi investor institusi tertentu.

Juga, obligasi dapat diterbitkan secara bertahap, yang merupakan kelompok obligasi terpisah yang berbeda dalam tingkat bunga atau jatuh tempo.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Mengidentifikasi investor institusi yang memenuhi syarat. Mengarahkan pertanyaan besar lokal untuk sekuritas dan bursa mensyaratkan bahwa mereka yang membeli obligasi private placement harus “investor institusional yang memenuhi syarat”. Istilah ini mengacu pada investor yang dapat memahami risiko membeli dan menjual sekuritas dan mampu menanggungnya. Untuk umum, investor tersebut adalah lembaga (misalnya dana pensiun) yang mengelola lebih dari $100 juta. Penerbit dapat bekerja dengan penjamin emisi untuk menemukan investor ini atau bekerja sendiri untuk menemukannya.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Minta investor untuk menulis pernyataan niat. Deklarasi ini, juga disebut surat investasi, adalah surat yang ditandatangani oleh investor institusional yang menjanjikan bahwa obligasi private placement adalah untuk tujuan investasi dan tidak akan dijual kembali kepada publik. Ini karena obligasi yang ditempatkan secara pribadi tidak dapat dijual kembali dalam waktu 2 tahun dan, ketika dijual, umumnya harus didaftarkan pada sekuritas lokal dan komisi pertukaran.

Cómo emitir bonos societarios (con imágenes)

Draf dan kirimkan memorandum penempatan pribadi. Memorandum penempatan pribadi, juga dikenal sebagai memorandum penawaran, adalah setara dengan prospektus untuk penempatan pribadi. Semua menyebutkan emiten, manajemen dan rencana bisnisnya, serta memuat informasi dan laporan keuangan. Demikian juga, berisi deskripsi semua rincian penawaran, termasuk risiko, persyaratan, suku bunga, kondisi dan informasi lain yang meringankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.