Cara Mencari Di Internet

Posted on

Internet telah membuat penelitian subjek lebih mudah dari sebelumnya. Orang-orang dengan akses Internet tanpa pergi ke perpustakaan cukup meluncurkan mesin pencari, ketik dan klik. Namun, web tidak hanya membuat informasi lebih mudah diakses, tetapi juga membuat informasi yang salah lebih mudah diakses. [1] X Sumber Penelitian [2] X Sumber Penelitian [3] X Sumber Penelitian Namun, Anda dapat menghindari tertipu atau disesatkan oleh sumber web yang salah, tidak akurat, atau bias dengan mengikuti beberapa aturan sederhana.

Tahu harus mulai dari mana

How to Do Internet Research (with Pictures)

Putuskan di mana untuk memulai penelitian Anda. Jika perusahaan, perguruan tinggi, atau universitas Anda menyediakan mesin pencari atau direktori, mulailah dari sana. Jika Anda memiliki akses ke database perpustakaan makalah penelitian seperti EBSCOhost, mulailah dari sana. Database perpustakaan menyediakan akses ke penelitian peer-review, standar emas dalam penelitian akademis. “Peer review” berarti bahwa sebuah penelitian telah ditinjau untuk akurasi, keandalan, dan persetujuan sebelum dipublikasikan oleh pakar terkemuka di bidangnya. Bahkan jika Anda mencoba mempelajari sesuatu untuk keuntungan Anda sendiri, penelitian akademis akan memberi Anda informasi yang paling mutakhir dan dapat diandalkan.

Anda biasanya dapat mengakses database ini melalui situs web perpustakaan rumah. Beberapa perpustakaan akademik dan universitas mungkin memerlukan kata sandi untuk akses jarak jauh (selain perpustakaan itu sendiri).

Jika Anda tidak memiliki akses ke perpustakaan, coba gunakan Google Cendekia untuk menelusuri. Anda dapat menemukan penelitian akademis dengan mesin pencari ini, dan Google Cendekia menunjukkan tempat untuk menemukan salinan artikel online gratis.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Cari database untuk topik. Tergantung pada bidang studi Anda, Anda memiliki beberapa opsi untuk database online yang khusus untuk bidang Anda. Misalnya, jika Anda meneliti penelitian pendidikan, Pusat Informasi Sumber Daya Pendidikan (ERIC), yang disponsori oleh Departemen Pendidikan AS, menyediakan penelitian yang ditinjau sejawat dan sumber informasi tentang topik pendidikan. Jika Anda mencari penelitian medis atau ilmiah, PubMed, yang disponsori oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, adalah tempat yang tepat untuk memulai.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Tanya pustakawan. Jika Anda memiliki akses ke perpustakaan, buatlah janji untuk berbicara dengan pustakawan referensi. Orang-orang ini dilatih secara khusus untuk memberi Anda akses ke penelitian dan pengetahuan terbaik yang tersedia. Mereka dapat membantu Anda menemukan sumber dan bahkan dapat membantu Anda menentukan apakah suatu sumber dapat dipercaya.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Gunakan mesin pencari umum dengan hati-hati. Mesin pencari merayapi halaman pengindeksan web dengan membaca kata dan frasa yang muncul di halaman tersebut. Dari sana, prosesnya otomatis. Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang digunakan untuk menentukan peringkat hasil pencarian tertentu. Ini berarti bahwa tidak ada yang memeriksa keakuratan hasil. Hasil “lebih tinggi” hanyalah hasil dari algoritma. Kami tidak menjamin kualitas konten atau hasil.

Sebagian besar mesin pencari dapat “dimanipulasi” oleh situs web pintar agar kontennya muncul lebih dulu. Selain itu, setiap mesin pencari memiliki algoritme sendiri, beberapa di antaranya menyesuaikan hasil berdasarkan riwayat pencarian. Jadi, hasil “Top ” Google mungkin bukan hasil “Top ” Yahoo, meskipun Anda menggunakan istilah pencarian yang sama persis.

Hanya karena Anda menemukan informasi secara online tidak berarti Anda dapat memercayainya atau memercayainya. Siapa pun dapat membuat halaman web, dan jumlah kesalahan informasi yang salah dan tidak diverifikasi melebihi hal-hal baik secara online. Bicaralah dengan guru atau pustakawan Anda dan, jika mungkin, gunakan perpustakaan atau mesin pencari akademis untuk membantu menyingkirkan hal-hal yang tidak membantu.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Pilih kata kunci Anda dengan hati-hati. Opsi kata dan frasa potensial yang dapat Anda masukkan ke mesin telusur untuk kueri tertentu hampir tidak terbatas. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan dengan hati-hati tentang apa yang akan Anda temukan dalam pencarian Anda dan mencoba beberapa kelompok penelitian.

Jika Anda menggunakan mesin pencari akademis, seperti fungsi pencarian perpustakaan, coba gunakan kombinasi kata kunci dan boolean, atau kata-kata yang dapat Anda gunakan untuk mempersempit pencarian Anda. DAN, ATAU, dan TIDAK.

Misalnya, jika Anda melakukan penelitian tentang feminisme di China, Anda dapat mencari “Feminisme dan China”. Ini akan mengembalikan hasil yang berisi kata kunci untuk setiap topik.

Anda dapat menggunakan ATAU untuk melakukan pencarian kata kunci terkait. Misalnya, Anda dapat menelusuri “feminisme, feminisme, atau keadilan sosial”. Ini akan mengembalikan hasil yang berisi satu atau lebih istilah ini.

Anda dapat mengecualikan kata kunci dari pencarian Anda menggunakan “bukan”. Misalnya, Anda dapat mencari “feminisme non-Jepang dan Cina”. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang mencakup Jepang.

Anda dapat mencari frasa lengkap menggunakan tanda kutip. Misalnya, jika Anda ingin mencari prestasi akademik , Anda dapat mencari seluruh frasa dalam tanda kutip. Misalnya, Anda tidak akan mendapatkan hasil untuk “Kinerja Sekolah” atau “Kinerja Akademik” karena tidak ditulis seperti yang Anda telusuri.

Gunakan frase kata kunci tertentu untuk memilih informasi yang paling relevan. Misalnya, jika Anda mencari informasi tentang pengeluaran kesejahteraan sosial di Amerika Serikat, mencari “Jumlah total yang dibelanjakan untuk program layanan sosial di Amerika Serikat” kemungkinan besar akan memberikan hasil yang Anda inginkan. Anda mencari definisi kesejahteraan, jenis-jenis kesejahteraan di berbagai negara dan “kesejahteraan” yang akan membuang ribuan hasil berbeda yang tidak Anda inginkan. Namun, tidak selalu mungkin untuk menemukan informasi seperti itu. Semakin banyak kata yang Anda ketik, semakin sedikit hasil yang Anda dapatkan.

Gunakan kata atau frasa kata kunci alternatif untuk mengidentifikasi sumber pencarian tambahan. Misalnya, jika Anda mencari “kesehatan”, daripada “mewah” “jaring pengaman”, “perangkat lunak sosial” atau Pertimbangkan untuk menggunakan “Dukungan Publik”. ” ” Untuk menemukan hasil lainnya. Dalam banyak kasus, istilah seperti “mewah” sering kali sarat muatan politis, sehingga pilihan kata dapat secara tidak sengaja mencondongkan hasil. Menggunakan istilah yang berbeda menghadapkan Anda ke sumber yang lebih luas dan cakupan karena itu kurang bias.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Kencangkan bila diperlukan. Jika Anda mencari topik yang tidak Anda kenal, mulailah pencarian Anda dengan istilah umum, kemudian gunakan informasi yang Anda kumpulkan dalam pencarian pertama Anda untuk mempersempit pencarian Anda.

Misalnya, jika Anda mencari “total jumlah tahunan yang dibelanjakan untuk program layanan sosial di Amerika Serikat”, Anda dapat dengan cepat menemukan bahwa ada berbagai program bantuan publik seperti Bantuan Sementara untuk Keluarga yang Membutuhkan (TANF) dan Bantuan Sementara. Program untuk Keluarga Miskin (TANF) Suplemen Makanan (Snap, Blast). Gunakan informasi ini untuk memilih program yang Anda minati, kemudian lakukan pencarian baru (lebih spesifik), seperti “US SNAP Total Annual Expenditure”.

dapatkan sumber yang bagus

How to Do Internet Research (with Pictures)

Temukan sumber yang dapat diandalkan dan dapat diandalkan. Mungkin tugas yang paling sulit saat meneliti Internet adalah memastikan keandalan sumber yang dipilih. Secara umum, Anda ingin memprioritaskan informasi dari sumber pemerintah, akademisi, dan organisasi berita yang diakui secara nasional.

Sumber pemerintah sering menyertakan “.gov ” di suatu tempat di halaman web. Misalnya, situs web Departemen Luar Negeri AS adalah www.state.gov. Situs web resmi Departemen Pertahanan Australia adalah www.defence.gov.au.

Situs web yang diakhiri dengan .edu milik perguruan tinggi. Namun, Anda harus berhati-hati karena situs .edu sering mengizinkan fakultas dan siswa untuk meluncurkan halaman web pribadi dengan ekstensi .edu, tetapi informasi itu mungkin tidak diverifikasi oleh universitas. Yang terbaik adalah menemukan materi ilmiah melalui database akademik atau mesin pencari seperti EBSCOhost atau Google Scholar.

Situs web yang diakhiri dengan .org milik organisasi nirlaba. Beberapa di antaranya dapat diandalkan, yang lain tidak. Siapa pun dapat membeli situs web dengan ekstensi .org. Periksa situs-situs ini dengan hati-hati dan jika Anda dapat menghindarinya, jangan mengandalkan mereka sebagai satu-satunya sumber informasi Anda.

Sumber berita utama seperti The Guardian, CNN, dan Al Jazeera cenderung kredibel, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda membaca artikel berdasarkan fakta, bukan opini. Banyak situs berita memiliki blog dan situs editorial tempat orang dapat mengekspresikan pendapat mereka.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Lempar jaring yang lebar. Jangan membatasi diri Anda pada beberapa hasil pertama dari mesin pencari. Melampaui halaman pertama hasil pencarian untuk menemukan informasi tentang pencarian Anda.

Meskipun tidak mungkin untuk menampilkan semua hasil pencarian, penting untuk menampilkan setidaknya beberapa halaman hasil agar informasi penting tidak hilang. Karena pengoptimalan mesin telusur, jika Anda menggunakan mesin telusur biasa seperti Google atau Yahoo, beberapa halaman pertama mungkin berisi tautan yang paling banyak dipromosikan daripada yang paling banyak informasinya.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Wikipedia dapat menjadi tempat yang bagus untuk memulai, tetapi situs web seperti ini dapat diedit oleh siapa saja. Ini berarti informasi tersebut mungkin tidak akurat, ketinggalan zaman, atau bias. Jika Anda ingin menggunakan Wikipedia atau Wiki lain untuk penelitian, silakan gulir ke bawah ke bagian “Referensi” di bagian bawah halaman. Jika memungkinkan, kembali ke sumber aslinya.

Misalnya, jika Anda menulis laporan tentang penguin, Anda dapat memulai dengan halaman Wikipedia tentang penguin. Gulir ke bagian Bibliografi untuk melihat beberapa artikel jurnal peer-review tentang penguin, serta referensi bab buku dari penerbit akademis. Lihat sumber ini untuk informasi yang lebih andal.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Jika memungkinkan, temukan sumber aslinya. Anda dapat menemukan banyak frasa di Internet saat mencari, tetapi tidak semua frasa akurat atau berguna. Beberapa sumber mungkin tidak mengutip referensi atau mendistorsi referensi untuk mengatakan sesuatu yang berbeda dari apa yang saya katakan sebelumnya. Jangan mengambil apa pun dengan nilai nominal. Anda harus mencari sumber aslinya, terutama jika Anda curiga dengan situs web yang melaporkan fakta atau statistik.

Misalnya, jika Anda telah melakukan penelitian tentang perubahan pengeluaran kesejahteraan selama 20 tahun terakhir, tidak ada alasan untuk mempercayai blog atau sumber sekunder. Harap dicatat bahwa sumber yang paling dapat diandalkan menggunakan data dari agen federal. Oleh karena itu, umumnya lebih baik untuk langsung mencari dan mengutip sumber data asli pemerintah daripada mengutip halaman yang melaporkan data itu sendiri (mungkin tidak akurat).

Mengutip sumber asli juga dapat membuat penelitian Anda lebih kredibel dan kredibel. Misalnya, mengutip artikel dari National Institutes of Health (sumber pemerintah AS) akan lebih mengesankan bagi seorang guru daripada mengutip artikel dari WebMD, bahkan dengan informasi yang sama. Lebih baik lagi jika Anda dapat mengutip penelitian ilmiah asli yang menghasilkan informasi yang sedang Anda diskusikan.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Temukan kesepakatan. Jika Anda tidak dapat menemukan sumber asli suatu fakta, taruhan terbaik Anda adalah memeriksa kebenarannya di beberapa situs tepercaya.

Informasi apa pun yang Anda cari, jika Anda tidak dapat menemukan satu pun sumber resmi, lebih baik tidak mempercayainya sampai Anda menemukan informasi yang sama di beberapa situs independen. Misalnya, jika Anda tidak dapat menemukan sumber asli untuk biaya SNAP pada tahun 1980, masukkan data yang Anda temukan ke mesin pencari untuk memastikan bahwa jumlah yang sama dilaporkan oleh beberapa situs dan tidak semua dikutip oleh mereka. Sumber yang sama (mungkin salah) ).

Evaluasi keandalan

How to Do Internet Research (with Pictures)

Lihat Afiliasi Sumber. Memeriksa pemilik atau sponsor sebuah situs akan memberi tahu Anda apakah situs tersebut dapat dipercaya atau tidak. Misalnya, website Mayo Clinic dimiliki oleh Mayo Clinic, salah satu rumah sakit terbaik di dunia. Ini adalah organisasi nirlaba, jadi tidak dimaksudkan untuk menghasilkan uang dengan konten Anda. Artikel-artikelnya ditulis oleh para profesional medis. Ini adalah petunjuk bagus bahwa informasi yang Anda temukan di situs web ini dapat diandalkan. Di sisi lain, situs web “sehat” dengan banyak toko atau iklan dan tidak ada afiliasi perusahaan atau profesional tidak dapat diandalkan.

Jika Anda menggunakan database akademik, periksa siapa yang menerbitkan artikel atau buku tersebut. Teks dari jurnal bergengsi seperti New England Journal of Medicine dan buku dari penerbit akademis seperti Oxford University Press lebih berat daripada sumber dari penerbit yang kurang dikenal.

Jika Anda belum pernah mendengar sumbernya sebelumnya, lihat bagian “Tentang” (atau serupa) di situs web terlebih dahulu. Jika Anda tidak yakin siapa yang membuat halaman web tersebut, cobalah pencarian online untuk situs itu sendiri. Artikel berita, entri Wikipedia, dll. sering kali berisi informasi tentang afiliasi, ideologi, dan keuangan. Jika semuanya gagal, sebaiknya gunakan mesin pencari domain web untuk mencari tahu siapa pemilik situs web tersebut. Tetapi jika Anda harus melangkah sejauh ini, situs Anda akan terlalu kabur dan tidak dapat diandalkan.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Lihat penulisnya. Sayangnya, banyak sumber internet tidak mencantumkan penulisnya. Mencari penelitian peer-review online biasanya akan menemukan sumber dari penulis tertentu. Lihatlah kredensial mereka.

Misalnya, apakah orang ini terlatih di lapangan? Neil deGrasse Tyson memiliki gelar PhD. Karena ia memiliki gelar PhD dalam Astrofisika dari Universitas Columbia yang bergengsi, kata-katanya tentang astrofisika dapat diandalkan dan dapat diandalkan (yaitu andal dan terkini). Di sisi lain, blog pengamat bintang amatir tidak dapat diandalkan, meskipun informasinya akurat.

Apakah penulis menulis sesuatu yang lain tentang topik tersebut? Banyak penulis, termasuk jurnalis dan peneliti akademis, memiliki spesialisasi dan telah meneliti dan menulis tentang topik ini selama bertahun-tahun. Lebih kredibel jika penulis telah menulis banyak artikel lain di bidang yang sama (terutama jika artikel tersebut menjadi subjek peer review).

Jika tidak ada penulis, apakah sumbernya dapat dipercaya? Beberapa sumber, terutama sumber pemerintah, tidak menyebutkan penulisnya. Namun, ketidakhadiran penulis itu sendiri tidak menjadi masalah jika sumber informasinya dapat dipercaya, seperti artikel tentang cacar air dari Centers for Disease Control and Prevention.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Lihatlah sejarah. Penting untuk memastikan bahwa informasi Anda selalu mutakhir, terutama jika Anda sedang meneliti subjek medis atau ilmiah. Konsensus ilmiah berubah dengan penelitian dan informasi baru. Cari tahu kapan artikel atau situs web diterbitkan. Menjadi lebih dari 5 tidak selalu merupakan hal yang buruk, tetapi carilah artikel terbaru.

Misalnya, jika Anda menulis makalah penelitian tentang pengobatan kanker, Anda mungkin tidak ingin hanya menggunakan makalah dari tahun 1970-an, bahkan jika makalah itu diterbitkan di jurnal yang bereputasi baik.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Temukan keandalan dan akurasi. Ada banyak sumber yang mengklaim berdasarkan fakta tetapi tidak. Situs web yang tampaknya memiliki agenda yang jelas biasanya bukan sumber yang baik karena dapat mengabaikan atau salah menggambarkan bukti yang tidak sesuai dengan posisi Anda.

Temukan sumber situs. Situs web terpercaya mengutip sumber. Situs yang benar-benar hebat dapat ditelusuri kembali ke artikel penelitian asli. Jika Anda tidak dapat menemukan referensi untuk informasi yang diberikan, atau jika referensi sudah usang atau berkualitas buruk, ini adalah pertanda baik bahwa situs tersebut tidak dapat diandalkan.

Waspadalah terhadap prasangka. Bahasa yang sangat emosional, ucapan yang mencolok, dan tulisan informal adalah tanda-tanda bias potensial dari suatu sumber. Sebagian besar penulisan akademis bertujuan untuk menghindari masalah ini dan bersikap seadil dan seobjektif mungkin. Jika situs web Anda menggunakan bahasa emosional seperti “Perusahaan farmasi raksasa yang manipulatif merusak dan tidak sehat bagi Anda untuk mewarnai kantong Anda!”, ini bias. Itu pertanda baik.

Periksa setiap situs web untuk kesalahan tata bahasa dan tautan rusak. Jika situs web Anda andal dan dapat dipercaya, itu harus memiliki tata bahasa dan ejaan yang benar, dan semua tautan harus mengarahkan Anda ke laman landas yang sesuai. Situs web dengan banyak kesalahan tata bahasa dan tautan rusak dapat menyalin informasi dari sumber lain atau mungkin tidak sah.

Kompilasi dan simpan sumber

How to Do Internet Research (with Pictures)

Silakan sebutkan sumbernya. Anda harus selalu mendokumentasikan sumbernya untuk menghindari kesalahan yang sama yang dibuat di situs yang tidak akurat. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengunjunginya kembali nanti jika perlu, dan mengizinkan orang lain (jika sesuai) untuk memverifikasi sendiri sumbernya.

Referensi ke halaman web secara tradisional terdiri dari penulis artikel web atau halaman web (jika tersedia), artikel atau judul halaman, nama situs, alamat web situs, dan tanggal artikel atau halaman. Diakses.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Waspadai sifat web yang sementara. Hanya karena sumbernya ada hari ini tidak berarti akan ada hari esok. Pertimbangkan opsi pemeliharaan halaman web untuk melindungi dari penjelajahan yang tidak pantas.

Cara termudah untuk menyimpan halaman web saat ini adalah dengan mencetak hard copy atau menyimpannya sebagai PDF. Ini memungkinkan Anda untuk kembali ke halaman meskipun telah dipindahkan atau dihapus.

Hanya versi hard copy atau PDF yang tersedia, jadi Anda harus memeriksa secara teratur tautan ke studi yang dipublikasikan di web. Jika Anda menemukan bahwa halaman web telah dihapus atau dipindahkan, Anda dapat mencari kata kunci untuk situs baru di mesin pencari atau memeriksa apakah situs tersebut telah diarsipkan oleh Mesin Wayback Archive.org, yang menjaga halaman web seperti yang dilihat sebelumnya. .

How to Do Internet Research (with Pictures)

Pertimbangkan reformasi teknologi. Ada banyak fitur, aplikasi, dan layanan peramban web gratis untuk membantu Anda menyimpan dan mengatur sumber dengan cepat dan mudah.

Menggunakan fitur bookmark browser web Anda adalah cara paling sederhana untuk menyimpan sumber. Daripada menempatkan setiap sumber di folder default “Bookmarks”, pertimbangkan untuk membuat subfolder untuk topik tertentu. Misalnya, jika Anda mencari kemewahan, buat folder “Kesejahteraan” di “Bookmarks” dan “TANF, Anda dapat membuat lebih banyak folder di dalam ” . “SNAP, ” dll.

How to Do Internet Research (with Pictures)

Membangun arsip. Selain fitur dan aplikasi bookmark sederhana, perangkat lunak dan layanan pencarian lanjutan dapat digunakan untuk membuat gudang sumber daya pribadi.

Banyak layanan dan aplikasi memungkinkan Anda untuk menyinkronkan sumber Anda ke cloud, mengambil gambar halaman web yang muncul pada hari Anda mengaksesnya, menambahkan kata kunci ke sumber Anda, dan banyak lagi.

Banyak dari layanan ini, seperti Zotero, adalah perangkat lunak gratis yang dibuat oleh akademisi dan pendukung open source lainnya. Layanan lain, seperti Pocket, menawarkan beberapa layanan dengan biaya tertentu. Jika Anda memerlukan fungsionalitas di luar fungsionalitas bookmark browser web standar, salah satu fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengatur sumber Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.