Bagaimana Melindungi Komputer Anda Agar Tidak Kotor

Posted on

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah debu menumpuk di casing komputer Anda, yang dapat berdampak negatif pada pendinginan dan kinerja komputer Anda. Memindahkan komputer dan menjaga kebersihan lingkungan dapat membantu mencegah penumpukan debu. Bahkan di lingkungan terbersih sekalipun, Anda harus secara teratur membersihkan bagian dalam komputer Anda. Jika Anda tidak suka tangan Anda kotor, Anda dapat mengkonfigurasi ulang kipas komputer Anda untuk menghilangkan debu.

Mencegah penumpukan debu

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Angkat komputer dari lantai. Menempatkan komputer Anda langsung di atas atau di dekat lantai dapat mengumpulkan banyak debu. Menaikkan komputer sekitar 15 cm dari lantai akan mengurangi debu hingga 80%. Tempatkan CPU atau casing komputer di atas meja (di mana saja) atau lebih tinggi dari lantai.

Kebanyakan meja komputer memiliki dudukan CPU atau kotak yang lebih tinggi dari lantai untuk memungkinkan aliran udara .

Anda juga dapat menggunakan apa saja untuk menaikkan posisi casing komputer Anda selama objek yang Anda gunakan stabil.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Bersihkan lantai secara teratur. Vakum karpet dan bersihkan lantai secara teratur agar debu tidak menumpuk. Menjaga lantai tetap bersih akan mencegah debu masuk ke komputer.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Bersihkan rak dan lemari di dekat komputer. Selain membersihkan lantai, pastikan semua rak kabinet dan celah lainnya bersih untuk mencegah debu masuk ke komputer. Frekuensi pembersihan tergantung pada kondisi lingkungan atau ruangan.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Jauhkan komputer Anda dari pintu dan jendela. Pintu dan jendela biasanya menjadi tempat masuknya debu, jadi jika komputer Anda berada di dekat pintu atau jendela, kemungkinan besar Anda akan menabrak atau masuk ke dalamnya. Faktanya, debu dapat menumpuk bahkan jika Anda tidak membuka jendela. Ini terutama benar jika ruangan memiliki insulasi termal yang buruk. Jauhkan casing komputer Anda dari jendela dan pintu.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Pasang filter udara. Memasang filter udara di ruang komputer Anda bisa menjadi solusi murah untuk mencegah penumpukan debu. Anda dapat memasang sistem penyaringan yang lebih kompleks di seluruh rumah Anda, tetapi hanya menggunakan satu filter udara ruangan akan memberikan hasil yang positif.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Jauhkan hewan peliharaan dari komputer. Jika memungkinkan, letakkan komputer Anda di ruangan bebas hewan peliharaan. Bulu hewan peliharaan adalah salah satu sumber utama debu, dan jika hewan peliharaan Anda sering berada di ruang komputer yang sama, bulu tersebut akan menumpuk dengan cepat.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Harap tidak merokok di dalam kamar. Abu dari rokok meningkatkan penumpukan debu, dan asap yang berlebihan dapat merusak komponen komputer. Oleh karena itu, jangan merokok di dalam ruangan untuk menghindari penumpukan debu.

lakukan pembersihan berkala

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Kumpulkan perlengkapan kebersihan. Ada banyak bahan habis pakai yang Anda butuhkan untuk membersihkan komputer Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah udara bertekanan untuk meningkatkan kecepatan.

udara terkompresi

alkohol 99%

sikat gigi baru dengan bulu lembut

Phillips Driver

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

matikan komputermu Sebelum membersihkan bagian dalam komputer, pastikan komputer dimatikan.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Lepaskan semua kabel. Komputer perlu dipindahkan ke lokasi baru untuk dibersihkan karena tidak perlu meniupkan debu ke ruang atau ruang yang sebelumnya ditempati oleh komputer.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Pindahkan komputer ke area yang berventilasi baik. Bahkan sejumlah kecil debu dapat menyebar saat terkena udara bertekanan. Oleh karena itu, pindahkan casing komputer ke area yang berventilasi baik (atau ruangan lain yang mungkin terdapat debu) . Meja atau garasi luar ruangan bisa menjadi pilihan yang baik.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Colokkan kabel daya, tetapi jangan nyalakan komputer. Untuk perlindungan tambahan terhadap pelepasan muatan listrik statis, sambungkan kabel daya ke komputer, tetapi jangan hidupkan perangkat. Ini akan memungkinkan kasing untuk “terhubung” ketika komputer disentuh dan pengguna juga dapat menyentuh tanah (untuk menghindari sengatan listrik).

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Buka panel kasus . Bagian belakang sebagian besar casing komputermemiliki sekrup yang dapat Anda gunakan untuk melepas panel samping. Jika sekrup terlalu kencang, gunakan obeng Phillips untuk melepasnya. Sebagian besar panel dapat dilepas dengan mengangkat atau menggeser.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Hembuskan udara terkompresi pada debu dan angkat dari komputer. Gunakan sekaleng udara bertekanan untuk menghilangkan debu dari komputer. Pertama, fokus pada bongkahan besar debu. Jaga agar casing tetap tegak dan hembuskan udara dalam waktu singkat agar komputer tidak terlalu dingin.

Jangan memotret langsung pada bagian komputer untuk waktu yang lama. Jika ada debu keras, gunakan sikat dan alkohol untuk menghilangkannya.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Bersihkan debu kering dengan sikat gigi dan alkohol gosok. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam alkohol gosok dan gunakan untuk menghilangkan debu dari komponen komputer dan bilah kipas. Pastikan untuk membersihkan sikat sebelum melanjutkan pembersihan untuk menghindari penyebaran debu di tempat lain.

Gunakan sikat gigi baru untuk menghindari penyebaran kontaminan ke komponen komputer Anda.

Pegang bagian logam yang terbuka dari kasing dan gosok dengan metode pentanahan.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Biarkan semua alkohol mengering terlebih dahulu. Setelah menyeka komponen komputer secara menyeluruh, biarkan alkohol menguap sepenuhnya. Dengan alkohol 99%, proses pengeringan tidak memakan waktu lama. Anda mungkin harus menunggu lebih lama jika menggunakan alkohol 70%.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Lepaskan komponen komputer untuk pembersihan lebih dalam (opsional). Jika sistem komputer Anda sudah kotor, Anda mungkin perlu melepas dan membersihkan setiap komponen satu per satu. Proses ini membutuhkan banyak tenaga, terutama jika Anda belum pernah membongkar bagian dalam komputer Anda sebelumnya. Untuk petunjuk terperinci tentang cara merawat komponen ini, baca artikel kami tentang Cara Membuat Komputer Anda.

Untuk komponen seperti drive, Anda harus melepas salah satu sisi atau pelat casing .

Untuk melepaskan pendingin CPU, Anda harus mengoleskan pasta termal sebelum menyambungkannya kembali ke komputer. Baca artikel kami tentang cara menerapkan pasta termal untuk tips yang Anda butuhkan.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Ulangi langkah ini setiap beberapa bulan. Jika Anda tinggal di lingkungan dengan sedikit paparan debu, Anda mungkin ingin membersihkan bagian dalam komputer Anda sekali atau dua kali setahun. Jika Anda tinggal di lingkungan yang rentan terhadap debu, hewan peliharaan, kotoran, atau partikel lain, Anda harus lebih sering membersihkannya.

konfigurasi kipas komputer

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Buka kotaknya . Kipas komputer dapat menyebabkan masalah debu. Namun, kipas dapat dikonfigurasi ulang untuk mencegah penumpukan debu. Ikuti langkah-langkah pada metode sebelumnya untuk membuka casing komputer .

Anda mungkin memerlukan obeng Phillips untuk melepas penutup kipas dari casing .

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Temukan kipas yang terpasang. Satu atau lebih kipas mungkin dipasang pada casing . Minimal 3 kipas diperlukan untuk menjadi yang paling efektif. Kipas angin biasanya terletak di bagian belakang, depan, samping, dan atas komputer.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Cari panah di bagian atas penutup kipas. Panah ini biasanya dicetak di bagian atas rumah kipas plastik dan menunjukkan arah aliran udara. Tergantung pada pemasangan kipas, Anda mungkin perlu membuka selubung kipas untuk melihat panah.

Jika Anda tidak melihat panah pada kipas, berarti kipas meniupkan udara dari sisi casing (ke arah label).

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Atur kipas untuk menarik udara alih-alih membiarkannya keluar. Dengan demikian, tekanan positif sedikit lebih besar dari tekanan udara ruangan dibuat di dalam selungkup . Tekanan ini memaksa debu masuk ke area bertekanan udara rendah di luar enklosur .

Misalnya, jika Anda memiliki 3 kipas, gunakan 2 untuk meniupkan udara ke dalam kaleng dan 1 untuk mengeluarkan udara dari kaleng .

Kipas buang kemungkinan besar dipasang di bagian belakang atau samping komputer. Di sisi lain, kipas input lebih cocok untuk pemasangan atas dan depan.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Pasang filter pada kipas hisap. Anda dapat membeli filter debu yang sesuai dengan lubang sekrup pada kipas komputer Anda. Filter harus dipasang pada semua kipas ventilasi untuk menyaring sebagian besar debu di udara. Beli filter dengan ukuran yang tepat untuk kipas Anda dan bersihkan secara teratur.

Cara agar Komputer Tidak Berdebu

Tutup kaleng lagi. Setelah kipas dipasang dengan benar, Anda dapat menutup kembali casing dan menyambungkan komputer ke sumber listrik. Sekarang, ketika kipas terpasang dengan benar, Anda dapat menggunakan komputer lebih lama tanpa membersihkan bagian dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.