3 Cara Membersihkan Kaca Akrilik

Posted on

Kaca akrilik (plexiglass), pertama kali diperkenalkan pada tahun 1933, terbuat dari akrilik dan merupakan alternatif yang ringan dan tidak mudah pecah dari kaca asli. Kaca akrilik fleksibel dan tahan lama, tetapi dapat dengan mudah tergores saat dibersihkan dan dapat rusak oleh beberapa produk pembersih. Mengetahui cara membersihkan kaca akrilik dengan benar tidak akan merusak bahan ini dan nantinya Anda akan mendapatkan kaca yang bening dan transparan.

membersihkan partikel debu pada kaca akrilik

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Tiup debu dan kotoran dari kaca akrilik. Gunakan mulut atau pengering rambut Anda untuk meniup debu dan kotoran dari kaca akrilik. Jika Anda menggunakan pengering rambut, setel ke suhu terendah. Udara panas akan merusak kaca akrilik. Tempatkan pengering rambut pada sudut 45 derajat beberapa inci dari kaca dan tiupkan udara dari sisi ke sisi di atas permukaan.

Sebelum melanjutkan, luangkan waktu untuk menghilangkan debu sepenuhnya dan lanjutkan meniup jika Anda melihat atau merasakan partikel besar pada kaca akrilik.

Meskipun kain mikrofiber tidak bersifat abrasif, jangan gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu atau kotoran dari kaca sebelum mengeluarkan partikel besar karena dapat menggores permukaan kaca.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Basahi kaca akrilik dengan larutan yang terbuat dari air dan cairan pencuci piring. Campurkan 5 mm (1 sendok teh) sabun dalam 1 liter air. Miringkan kaca akrilik pada sudut 45 derajat dan perlahan tuangkan larutan ke atas kaca. Lakukan langkah ini di wastafel atau tempat lain yang tidak akan rusak oleh air yang mengalir.

Anda juga dapat memasukkan larutan ke dalam botol semprot dan menyemprotkan kaca akrilik dengan ringan. Tempatkan gelas pada sudut 45 derajat dan biarkan cairan mengalir perlahan dari permukaan.

Melewati air sabun di atas kaca akrilik menghilangkan debu kecil dan partikel kotoran agar lebih mudah dibersihkan.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

لا ات ل الكحول الأمونيا العطريات. ات ل Windex التي لى الكحول ارة ا اج الأكريليك. ا المذيبات ل الأسيتون ائل التنظيف الجتاف المنظفات القاسية اأو اللم الم المذيبات ل الأسيتون ائل

أنه الأفضل استخدام لول الماء الصابون لا أن اك العديد المنتجات التي اؤها المصممة ا لتنظيف اج الأكريليك ل Brillianize و Novus.

اج الأكريليك

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

استخدم اش الألياف الدقيقة لمنع السطح للخدش. ا لأن الأوساخ الغبار لتصق اج الأكريليك استخدام ا اش لتصق اج الأكريليك لأن الأوساخ الغبار. اي ا ا ااش ال ا اأاف اق ام ا ا ا ا ا ااج

Alternatif untuk kain mikrofiber termasuk katun muslin, handuk, jersey, flanel, atau bahan non-abrasif lainnya.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Lap kaca akrilik yang lembap dengan kain mikrofiber. Seluruh permukaan kaca akrilik harus dibersihkan dengan hati-hati dan hanya bagian kaca yang masih basah dengan larutan. Berikan perhatian khusus pada area yang kotor dan berhati-hatilah untuk tidak menggosok atau memberi tekanan terlalu banyak pada permukaan kaca.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Semprotkan larutan ke permukaan dan bersihkan kotoran yang tersisa dengan lembut. Jika permukaan kaca akrilik sudah dibersihkan dan masih ada debu, tuangkan kembali larutan tersebut dan usap perlahan kaca dengan kain mikrofiber dan ulangi proses pembersihan. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Lap kaca akrilik hingga kering. Jika kaca dikeringkan dengan udara atau dibiarkan lembab untuk waktu yang lama, tetesan air dapat terbentuk. Jika kaca menjadi kering dan berair, ulangi proses pembersihan.

Noda air lebih mudah dibersihkan daripada debu dan kotoran dan lebih cepat hilang.

Perbaiki kaca akrilik yang tergores atau sangat kotor

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Gunakan silet untuk mengikis serpihan atau kotoran. Gunakan pisau silet atau pengikis tajam untuk mengikis kulit dengan menggerakkan pisau secara perlahan dari sisi ke sisi. Posisikan bilah pada sudut 10 derajat atau pada sudut yang tidak menekan dengan cara yang dapat merusak kaca. Jika ada bekas yang ingin Anda hilangkan dari kaca, pisau cukur akan menanganinya untuk Anda.

Alat tajam, seperti silet, sangat bagus untuk menghaluskan tepi yang kasar atau tidak rata. Gunakan pisau silet untuk mengikis tepi kaca akrilik dengan lembut sampai hasil yang diinginkan tercapai, mengikis permukaan yang tidak rata.

Hati-hati dengan pengikis tajam karena dapat menyebabkan cedera jika tidak digunakan dengan benar.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Amplas kaca akrilik untuk menghilangkan goresan atau goresan yang dalam. Gunakan amplas tangan atau sander untuk mengamplas akrilik seperti amplas. Amplas seluruh permukaan kaca dengan kertas kasar, lalu lanjutkan dengan kertas yang lebih halus. Jangan menekan amplas terlalu keras ke kaca. Lakukan ini dengan lembut dan pastikan sander selalu bergerak. Ini mengurangi penumpukan panas yang dapat merusak kaca akrilik.

Untuk goresan yang dalam , mulailah dengan 220 atau 320 grit dan kerjakan hingga 600 grit atau 800 grit .

Selalu gunakan masker saat mengampelas untuk menghindari menghirup debu.

3 Cara untuk Membersihkan Kaca Akrilik

Setelah pengamplasan, gosok kaca akrilik. Gunakan roda abrasif tetap (atau set Dremel dengan bantalan abrasif) untuk membuat kaca akrilik halus dan transparan kembali. Untuk mencegah kaca terlalu panas, gunakan kain muslin yang diputihkan dan pita bias 20-35cm untuk mencegah roda terlalu panas.

Pegang kaca akrilik di tempatnya agar tidak bergerak saat digosok.

Gunakan kompon berpotongan sedang untuk hasil akhir yang mengkilap atau kompon potong cepat untuk hasil akhir yang lebih mengkilat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.