3 Cara Melempar Bola Melengkung

Posted on

Setelah Anda menyempurnakan cara melempar bola cepat, pelajari cara melempar bola melengkung untuk meningkatkan keterampilan melempar Anda. Bola lengkung yang dilempar dengan baik terlihat seperti bola cepat, tetapi berputar ke arah yang berlawanan, menyebabkannya “patah” ke arah yang berbeda sebelum mencapai pemukul. Dengan sedikit keberuntungan, batsman akan mengayun lebih awal dan melewatkan bola. Untuk menguasai keterampilan ini, Anda harus menyempurnakan cara melempar bola lengkung dasar, bola lengkung lurus, dan bola lengkung buku jari.

Lemparkan Bola Kurve Dasar

Pegang bola di antara ibu jari dan jari tengah Anda. Letakkan jari tengah Anda di sepanjang jahitan bawah bola dan ibu jari Anda di sepanjang jahitan belakang. Jauhkan jari telunjuk Anda dari bola. Alih-alih menggunakannya untuk mengambil bola, Anda akan menggunakannya untuk membidik ke tempat yang Anda inginkan.

Pegang bola bisbol sehingga lekukan jahitannya dekat dengan telapak tangan Anda, dengan salah satu jahitan di bagian atas dan yang lainnya di bagian bawah telapak tangan Anda.

Jika Anda tidak kidal, letakkan jari tengah Anda di jahitan kanan atas, dan ibu jari Anda di jahitan kiri bawah. Orang kidal harus melakukan yang sebaliknya.

Jaga agar pegangan Anda tetap tersembunyi. Jika pemukul tahu bahwa Anda akan melempar bola melengkung, dia akan siap untuk melakukan changeup dan drop. Sangat penting untuk menyembunyikan gips sampai Anda selesai mentransmisikannya. Pastikan sarung tangan menutupi tangan Anda saat menangkap bola; dengan begitu tidak seorang pun di tim lain akan dapat melihat Anda menangkap bola melengkung.

Cengkeraman bola kurva dasar mudah dikenali oleh pemukul berpengalaman, bahkan selama berkendara. Berlatih menyembunyikan genggaman Anda sehingga bola melengkung yang Anda lempar lebih sulit dikenali.

Ambil momentum dan luncurkan. Tempatkan kaki dominan Anda di atas karet. Angkat lutut yang berlawanan dan putar pinggul ke depan saat Anda melempar bola. Siku harus berada pada atau di atas tingkat lengan, dan ditekuk pada sudut 90 derajat. Selesaikan bagian pertama dari lemparan bola melengkung seperti yang Anda lakukan pada bola cepat.

Bola cepat empat jahitan dasar akan menjaga jari tengah dan telunjuk Anda tetap di atasnya pada jahitan yang mengalir ke kiri dan kanan melintasi bola saat bola berada di depan Anda. Jempol harus ditempatkan langsung pada kulit halus di bagian bawah bola, di antara jahitannya.

Tekuk pergelangan tangan Anda saat Anda melepaskan bola. Jaga agar telapak tangan Anda menghadap ke tubuh Anda, lepaskan bola saat lengan Anda terentang dan melangkah maju dengan kaki yang berlawanan. Saat lengan turun dari lemparan, itu harus diarahkan ke pinggul yang berlawanan.

Keritingkan tangan Anda dengan cepat ke atas dan ke bawah, alih-alih menggerakkan tangan Anda membentuk busur di seluruh tubuh Anda.

Saat Anda melepaskan bola, putar ibu jari ke atas dan jari tengah ke bawah, seolah-olah Anda akan menjentikkan ibu jari dan jari tengah. Bola akan bergerak ke arah yang ditunjukkan oleh jari tengah Anda.

Anda harus melepaskan bola sedekat mungkin dengan tubuh Anda. Ini disebut “pukulan pendek,” dan ini akan menciptakan lebih banyak resistensi antara jari tengah dan jahitan Anda, meningkatkan putaran dan lekukan.

Praktik. Kuasai lemparan bola lengkung dasar sebelum beralih ke bentuk yang lebih rumit. Ingat, tindakan berputar di lapangan dicapai dengan memegang bola tanpa tekanan dari jari telunjuk Anda dan menekuk tangan Anda saat Anda melepaskan bola. Perhatikan gerakan ini saat melempar.

Lemparkan bola lengkung lurus

Pegang bola di antara ibu jari, telunjuk, dan jari tengah Anda. Ini adalah pegangan curveball klasik. Pegang bola dengan jahitan bawah di antara jari telunjuk dan jari tengah Anda, dan letakkan ibu jari Anda di sepanjang jahitan belakang. Pegang bola sehingga lekukan jahitannya dekat dengan telapak tangan Anda, dengan satu di bagian depan atas dan satu di bagian belakang bawah bola.

“Depan” bola mengacu pada bagian yang akan menjauh dari Anda saat Anda melemparnya, sedangkan “belakang” mengacu pada bagian bola yang akan berada di depan Anda setelah Anda melemparnya. bola dilempar.

Jika Anda tidak kidal, letakkan jari tengah Anda di jahitan kanan atas, dan ibu jari Anda di jahitan kiri bawah. Orang kidal harus melakukan yang sebaliknya.

Gunakan jari telunjuk Anda untuk membidik sasaran. Sama seperti dalam permainan bola lengkung dasar, Anda harus menggunakan jari telunjuk untuk menunjuk ke mana Anda ingin melempar bola. Namun kali ini, Anda juga akan menstabilkan jari tengah.

Pertahankan posisi tangan yang tersembunyi. Seperti kebanyakan lemparan, Anda harus memastikan cengkeraman Anda tidak terlihat oleh tim lain dengan menyembunyikannya di balik sarung tangan hingga Anda selesai melempar. Jika tidak, pemukul akan diperingatkan bahwa Anda akan melempar bola melengkung, dan kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika Anda kesulitan menyembunyikan pitch sebelum drive, Anda mungkin perlu memposisikan bola sedalam mungkin di dalam sarung tangan sebelum menangkap bola.

Lompat ke dalam dan lempar. Letakkan kaki dominan Anda di atas karet, dalam posisi paralel. Angkat lutut yang berlawanan dan putar pinggul ke depan saat Anda melempar bola. Siku harus berada pada atau di atas tingkat lengan, dan ditekuk pada sudut 90 derajat. Putaran ini adalah putaran yang sama persis yang akan Anda gunakan saat melempar bola cepat.

Lepaskan bola dengan menekuk tangan Anda. Jaga telapak tangan menghadap tubuh Anda, dan lepaskan bola saat Anda melangkah maju dengan kaki yang berlawanan. Saat lengan Anda turun dari lemparan, tekuk tangan Anda ke arah pinggul yang berlawanan.

Saat Anda melepaskan bola, putar ibu jari ke atas dan jari tengah ke bawah, seolah-olah Anda akan menjentikkan ibu jari dan jari tengah bersama-sama.

Coba ubah gripnya. Jika Anda sedikit mengubah posisi jari-jari Anda, Anda dapat mengubah cara bola melengkung, yang akan semakin membingungkan pemukul. Bola lengkung beraturan dikenal sebagai lemparan 11-5 karena bola melengkung pada sudut yang dibentuk oleh angka 11 dan 5 pada jam. Cobalah variasi ini untuk membuat kurva lemparan berbeda:

Bola lengkung 12-6 akan melengkung ke bawah lebih keras. Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah Anda di antara jahitan, dan ibu jari Anda di bagian bawah bola. Tekuk tangan Anda sedikit saat Anda melempar, atau lepaskan bola saat tangan Anda melewati kepala alih-alih mengikuti gerakan lengan Anda sepenuhnya. Untuk sedikit menekuk pergelangan tangan Anda, lemparkan 12-6 sedikit lebih tinggi daripada yang Anda lakukan dengan bola lengkung normal.

Bola kurva 10-4 akan mulai tinggi dan dekat dengan adonan, kemudian melengkung rendah dan jauh. Mulailah mencengkeram bola seperti yang Anda lakukan pada bola melengkung tradisional, lalu geser jari telunjuk dan jari tengah ke bawah sedikit ke arah ibu jari. Dia menempatkan sebagian besar tekanan pada jari tengahnya, dan menjauhkan pergelangan tangannya dari tubuhnya saat dia melempar.

melempar bola kurva buku jari

Ambil bolanya. Knuckle curveball grip mirip dengan grip lainnya, tetapi variabel kali ini adalah jari telunjuk. Pegang bola dengan jari tengah Anda di sepanjang jahitan bawah, dan ibu jari Anda di sepanjang jahitan belakang. Pegang bola sehingga lekukan jahitannya dekat dengan telapak tangan Anda, dengan satu di bagian atas dan satu di bagian bawah telapak tangan Anda. Tekuk jari telunjuk Anda ke dalam sebelum meletakkannya di atas bola sehingga paku dan buku jari atas bertumpu pada bola dan buku jari tengah mengarah ke sasaran.

Jika Anda tidak kidal, letakkan jari tengah di jahitan kanan atas, dan ibu jari di jahitan kiri bawah. Orang kidal harus melakukan yang sebaliknya.

Menjadi nyaman dengan pegangan bola lengkung buku jari bisa membutuhkan latihan. Biasakan perasaan dengan melatih genggaman Anda tanpa melempar bola, saat Anda memiliki waktu luang.

Jenis curveball ini dianggap lebih maju dibandingkan jenis lainnya. Jangan berkecil hati jika Anda membutuhkan waktu untuk menguasainya.

Gunakan buku jari telunjuk Anda untuk membidik target. Seperti pada tikungan langsung, jari telunjuk akan mengarah ke target dan menstabilkan jari tengah, tetapi Anda memiliki manfaat tambahan untuk menambahkan lebih banyak torsi melalui knuckle flex.

Jauhkan pegangan Anda tersembunyi di sarung tangan bisbol. Ini sangat penting ketika berhadapan dengan bola lengkung buku jari, karena penempatan jari akan membuat nada menjadi jelas dalam sekejap. Pastikan bola berada di dalam sarung tangan sebelum Anda mengambilnya menggunakan pegangan bola lengkung buku jari.

Lompat ke dalam dan lempar. Kaki yang dominan harus berada di atas karet, dalam posisi sejajar. Angkat lutut yang berlawanan dan putar pinggul ke depan saat Anda melempar bola. Siku harus sejajar dengan atau di atas lengan, dan ditekuk pada sudut 90 derajat, seperti pada lemparan bola cepat biasa.

Tekuk pergelangan tangan Anda saat Anda melepaskan bola. Jaga agar telapak tangan menghadap bagian dalam tubuh Anda, dan lepaskan bola saat Anda melangkah maju dengan kaki yang berlawanan. Bola akan keluar dari tangan Anda segera setelah melewati kepala Anda. Saat lengan Anda turun dari lemparan, tekuk pergelangan tangan Anda ke arah pinggul yang berlawanan. Putar ibu jari ke atas dan jari tengah ke bawah untuk memutar bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published.