Walau Punya Satu Tangan Tetap Semangat Menekuni Seni Pahat

0
87
advertorial

Beritahu – Raut mukanya terlihat serius ketika memahat sebongkah kayu dengan satu tangannya untuk dijadikan wajah barong. Itulah ekspresi Mustaqbila penyandang difabel sejak lahir asal Banyuwangi ketika memamerkan keahliannya di bidang seni pahat saat acara Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya.

Mustaqbilal terlahir dengan fisik mengecil tanpa jari-jari tangan, dan tidak mempunyai kaki. Hal yang dia banggakan dalam menekuni seni pahat, adalah semangat pantang menyerah dalam menjalani hidup dan mengeluarkan karya yang tak kalah dengan pemahat normal.

Pria asal Banyuwangi yang lahir 3 September 1961 ini, mengenal dunia seni pahat ketika dia melihat pengrajin di daerahnya sedang membuat patung, kemudian dia berusaha mencoba membuat karya sendiri meski hanya mempunyai Satu tangan dengan membuat patung wajah barong dari sebuah bongkah kayu.

Tak mudah memang memahat  dengan satu tangan, agar bisa memahat dia memasang Palu  di tangan kanannya yang mengecil dan diikat kain, sedang tangan kirinya memegang alat pahatan. Meski begitu pria yang akrab disapa bilal tersebut tidak menganggap keterbatasannya adalah sebuah kesulitan dalam membuat karya, kecuali saat pemotongan kayu yang memerlukan bantuan orang lain.

“Kesulitannya kadang-kadang pemotongan kayu yang begitu besar”, kata Mustaqbilal saat diwawancarai media ini di Jatim Fair 2019. Selasa (08/10/2019).

Walau jarang sekali menerima orderan dalam sebulan. Tapi pria yang mempunyai satu anak tersebut tetap optimis karya yang dibuatnya akan laku. Karena selama dia menggeluti seni pahat sejak tahun 1999, wajah barong maupun patung lain hasil pahatannya pernah dipesan pembeli dari beberapa wilayah di Indonesia. Dan dalam acara Jatim Fair 2019, dia berharap karyanya bisa laku semua.

“Dalam sebulan belum tentu ada orderan, kadang-kadang satu bulan ada empat, ada satu”, jelasnya.

Jika kalian sedang mencari karya seni unik dalam proses pembuatannya, tak ada salahnya melirik karya Mustaqbilal dengan menghubungi nomer 0823332878802 atau datang ke stan pamerannya di Jatim Fair mulai 8 – 13 Oktober 2019. (bi1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here