Upaya Kecil Maba Normalisasi Sungai Surabaya

0
17
advertorial

unmuh

Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surabaya mengecat jembatan dan sungai Sutorejo dalam masa Ordik. Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Sekitar 2019 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, mengakhiri masa orientasi pendidikan (Ordik) dengan menghias puluhan jembatan di Jalan Raya Sutorejo dan membersihkan sungai, sebagai upaya kecil menormalisasi aliran sungai dan antisipasi musim hujan agar wilayah di sekitar kampus dan kampung tak mengalami kebanjiran, Senin (19/09/2016).

Ribuan mahasiswa ini bebas berkreasi menghias jembatan dengan aneka ragam warna sehingga menarik untuk dilihat pengguna jalan yang melintas, sekaligus untuk mendekatkan mahasiswa UM dengan warga sekitar agar terjalin hubungan harmonis. Bahkan beberapa warga terlihat ikut berpartisipasi mengecat dan membersihkan sungai dari penumpukan sampah.

Rektor Univrsitas Muhammadiyah Surabaya, menjelaskan bahwa kegiatan Jembatan Inspirasi (Jersi) untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan.

“”Ini adalah upaya kecil menormalisasikan aliran sungai Surabaya sekaligus Kita sinergi dengan pemkot tentang Green and Celan dan ingin membangun perkampungan yang  kumuh menjadi bersih dengan kegiatan Jersi ini”, ungkap Sukadiono.

Kini, puluhan jembatan dari beton dan kayu yang menghubungkan Jalan Sutorejo dengan perkampungan menjadi nampak lebih menarik dan indah, dan mungkin masa Ordik seperti bisa ditiru Perguruan Tinggi dan civitas akademik lainnya untuk mengajak mahasiswa baru peduli dan cinta lingkungan sekitarnya. (NE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here