TPS Unik Ini Menyatukan Perbedaan Dalam Satu Bingkai Kebhinnekaan

0
119
advertorial

Beritahu – Pesta demokrasi pemilu yang digelar besok pada 17 April 2019. Dimanfaatkan secara maksimal semua pihak agar proses pemungutan suara berjalan semarak. Seperti yang dilakukan warga RW 8 Rungkut Mapan Barat Surabaya, dengan membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertema Bhinneka Tunggal Eka, berbeda tapi dalam Satu bingkai Persatuan.

Ketua RW 08 Rungkut Mapan Barat Wahyu P. Kuswanda menjelaskan. Keempat TPS tersebut didirikan dengan tema berbeda, yakni TPS 26 bertema etnik Madura, 27 tema etnik Tionghoa, 28 tema etnik Jawa Desa dan 29 tema Bali Modern. Yang bertujuan menyatukan warga perumahan di kawasan Surabaya Timur ini tetap bersatu dalam keberagaman, sekaligus mendinginkan suasana politik setelah sempat memanas saat masa kampanye kemarin.

“Warga RW 8 itu kan majemuk sekali, beragam sekali. Dan visinya RW 8 sendiri adalah kebersamaan itu indah. Kemudian ya kampanye pilpres kemarin sempat memanas juga, momentum ini kita mengingatkan kembali lah ke warga, bahwa walaupun kita berbeda pilihan, Bhinneka tapi kita tetep Satu lah, Satu bangsa Indonesia”, kata Wahyu saat diwawancarai media ini. Selasa (16/04/2019).

TPS yang dibangun dengan biaya 50 juta Rupiah lebih ini dan dananya didapat secara swadaya, diperkirakan akan memungut sekitar 1199 suara. Sehingga untuk menarik minat warga supaya mencoblos, pihak panitia penyelenggara juga menggelar panggung hiburan dan menyediakan beragam hadiah bagi yang beruntung.

“Namanya pemilu itu kan namanya pesta demokrasi, RW berusaha untuk menyelenggarakan pemilu itu ya pesta beneran lah. Namanya pesta itu bergembira, bernyanyi, berjoget, undian door prize, ada bazar begitu. Harapannya adalah warga berbondong – bondong hadir nyoblos, sehingga tingkat partisipasi pemilih harapan kami bisa diatas 80 persen”, tambah Wahyu.

TPS unik ini, rencananya dijaga 80 saksi pilpres dan pileg. Dan menurut informasi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa direncanakan hadir untuk memantau proses pencoblosan tersebut. (bi1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here