Pupuk Toleransi Sejak Dini Tangkal Radikalisme

0
10
advertorial

Menanamkan toleransi sejak dini dapat menangkal radikalisme di kemudian hari. Photo : Norman Edogawa

Surabayastyle – Menangkal radikalisme dapat diupayakan dengan beragam cara, salah satunya yaki memupuk toleransi yang harus diajarkan sejak dini. Seperti yang diajarkan Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 (Muhdipat) Pucang Surabaya kepada ratusan siswa kelas 5 dengan mengundang Kasat Binmas Polrestabes Surabaya. Sabtu (28/05/2016).

Tak hanya memberikan pengetahuan mengenai toleransi di dalam acara Darul Arqom atau pondok Ramadhan. Materi Nasionalisme lainnya juga dipaparkan Kompol. Sri Andriyany dengan sederhana sehingga ratusan siswa ini mudah memahaminya, bahkan dalam beberapa kesempatan siswa yang berani memandu temannya menyanyikan lagu Indonesia Raya maupun hal lain yang berkaitan tentang Indonesia, mereka mendapatkan hadiah berupa tas sekolah.

Upaya memupuk toleransi sejak dini yang dilakukan pihak sekolah Muhdipat dengan mengundang pihak luar seperti kepolisian , supaya siswanya mendapatkan wawasan lebih luas mengenai keberagaman masyarakat Indonesia agar kelak mereka dapat menghargai segala perbedaan.

“Harapan kami nanti dengan demikian anak-anak itu bukan hanya mendapatkan materi dari sekolahan tapi dari juga pihak luar yang apalagi sebagai aparat itu bisa memberikan penjelasan kepada kami terkait dengan toleransi yang secara umum tentang keberagaman agama, jadi kita untuk menghindari SARA, sejak dini kita tanamkan kepada anak-anak”, ujar Kepala sekolah SD Muhdipat, Edy Santoso.

Kedepannya agar mereka lebih banyak memahami mengenai perbedaan dan keberagaman agama, pihak sekolah akan mengundang siswa dari sekolah non Islam agar siswa SD Muhdipat bisa belajar dan mempraktekkan makna toleransi itu sendiri. (NE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here