Jawa Timur Bakal Dipenuhi Kampung Kelir

0
53
advertorial

kampung kelir

Wagub Jatim Gus Ipul ketika mengecat walah Satu rumah warga di Gresik bersama Iwan Fals. Photo : Dok Pemprov Jatim

Surabayastyle – Setelah pada November 2016 membuat kampung Kroman, Gresik menjadi kampung kelir penuh warna, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur juga akan memperbanyak kampung kelir di 11 zona Jawa Timur.

Ketua Kwarda Pramuka sekaligus Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kamis (23/3) mengatakan, di tiap zona nanti akan ada 100 rumah dicat dengan berbagai warna oleh pramuka.

Kegiatan dengan nama “Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka” ini akan menggandeng sebuah media massa lokal di Jawa Timur serta didukung oleh Komisi E DPRD Jawa Timur.

Proses pengecatan rumah di kampung kelir sendiri akan dilakukan oleh para pandega (pramuka usia 16-25 tahun). Sebelum pengecatan, para pandega ini juga akan melakukan kerjabakti membersihkan kampung tersebut.

“Selain mengecat dinding rumah, adik-adik pramuka juga akan memberikan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat bagi warga,” ujar Gus Ipul.

Dengan pengecatan dan sosialisasi hidup sehat, masyarakat diharapkan bisa lebih sadar, dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan keamanan serta kesehatan lingkungannya.

Sementara itu, pada program kampung kelir di Kroman, Gresik, saat itu selain pramuka dan gerakan OI (Orang Indonesia), juga hadir Iwan Fals yang turun langsung membantu melakukan pengecatan.

Sedangkan untuk 11 zona yang selanjutnya akan dilakukan pengecatan adalah di Banyuwangi, Lumajang, Malang, Trenggalek, Jombang, Kota Kediri, Bojonegoro, Gresik, Probolinggo, Sumenep dan Sidoarjo. (NE)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here