Infrastruktur Di Era Jokowi Kurang Menguntungkan IKM

0
15
advertorial

Beritahu – Inisiator Aliansi Pengusaha Nasional (APNAS) Erwin Aksa, menilai kebijakan pembangunan infrastruktur di era pemerintah Jokowi, kurang menguntungkan bagi industri kecil menengah (IKM).

“Tapi kebijakan yang dikeluarkan justru membuat pengusaha tidak semangat, tidak percaya! Contohnya beliau ingin mrmbangun infrastruktur yang pada akhirnya industri sekarang tidak menguntungkan”, kata Erwin setelah menjadi pembicara diskusi bareng APNAS di salah Satu kawasan Gubeng Surabaya. Jumat (12/04/2019).

Tak hanya industri IKM yang mengalami pemerosotan ekonomi, dunia pariwisata juga kena dampak dari kebijakan pembangunan infrastruktur.

“Mereka sekarang sedang mengurangi berlibur, di Bali pun sekarang sepi. Mereka lebih banyak menabung untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka dulu”, tambah mantan politisi Golkar yang sekarang mendukung Prabowo – Sandiaga Uno tersebut.

Selain IKM dan dunia pariwisata, Erwin juga menambahkan UMKM juga banyak yang tutup, karena tidak adanya keberpihakan pemerintah pada pelaku usaha.

“Saya melihat pemain UMKM di pariwisata gulung tikar karena tidak ada keberpihakan kepada mereka. Mereka secara PT di Indonesia, uangnya bukan masuk di Indonesia, mereka sempat dikejar orang pajak karena uangnya masuk bukan di Indonesia. Siapa yang bisa menahan ini semua adalah wasit, wasit itu adalah pemerintah”, lanjut Erwin.

CEO Isbir Tour and Travel Fauzi Mahendra, juga mengamini perkataan Erwin Aksa. Selama ini banyak pengusaha travel mengeluh kurangnya dukungan pemerintah.

“Ini sangat menurunkan pendaftaran peserta travel. Saya berharap Prabowo – Sandi menang agar bisa mendorong dari segi tour and travel untuk memajukan pengusaha – pengusaha yang sudah jatuh dan tidak berkembang”, kata Fauzi. (bi1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here