FORSIS Jatim : Bawaslu Belum Tanggapi Temuan Dugaan Kecurangan Pemilu

0
59
advertorial

Beritahu – Dewan Koordinasi Wilayah (DW) Provinsi Jatim Forum Silahturahmi Santri (FORSIS) yang memantau pelaksanaan pemilu, menemukan banyaknya dugaan kecurangan yang mencoreng pesta demokrasi, khususnya di beberapa kecamatan di Surabaya.

Ketua DKW FORSIS Jatim Nafisatul Qudsiah, menduga kecurangan berupa penggelembungan suara terjadi di beberapa wilayah di Surabaya. Seperti di Kecamatan Gubeng, Genteng, Bubutan, Dukuh Pakis, Pakal, Asemrowo, Karang Pilang dan Wonokromo. Sehingga pada tanggal 7 Mei 2019 pihaknya melaporkan temuan tersebut ke Bawaslu Kota Surabaya, namun belum ada tanggapan sama sekali dari Badan Pengawas Pemilu tersebut.

“Sampai sekarang kami juga belum ada respon, misalnya dari Bawaslu Kota Surabaya secara resmi kami menerima surat balasan atau untuk klarifikasi juga belum ada. Dari Bawaslu Jawa Timur juga kami belum menerima respon atau surat secara resmi untuk memanggil kami untuk klarifikasi ataupun pemanggilan belum ada”, kata Nafisatul di Jalan Prapen Surabaya. Jumat (10/05/2019).

Hingga kini DKW FORSIS Jatim masih menunggu dan intens melakukan komunikasi, supaya temuan dugaan kecurangan pemilu tersebut bisa segera ditindak lanjuti Bawaslu. Namun jika dalam Tiga hari kedepan masih belum ada respon, maka pihaknya memproses temuannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) atau ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sampai sekarang masih belum ada respon, misalnya dari Bawaslu Kota Surabaya secara resmi kami menerima surat balasan untuk atau klarifikasi juga belum ada. Dari Bawaslu Jawa Timur pun juga kami belum menerima respon”, tambahnya.

Selain menemukan kecurangan berupa penggelembungan suara, DKW FORSIS Jatim juga menemukan Copyan Form C – 1 berhologram di Surabaya. Sehingga pihaknya ingih agar ada penghitungan suara ulang.

Kita dari Forsis Jatim, ingin ada penghitungan suara ulang (PSU, red), yang terjadi di kecamatan yang diduga ada penggelembungan suara”, ujar Nafisatul. (bi1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here