Dari Cangkruk Akbar Nasional Tularkan Semangat Seduluran Sampek Matek

0
87
advertorial

Beritahu – Cangkruk akbar Surabaya Community Pahlawan (SCP) yang merupakan acara tahunan Surabaya  Community (SC),  sebagai sarana silahturahmi di hari Idul Fitri antar anggota SC yang merantau dan pulang ke kampung halamannya di Surabaya. Kedepannya akan dijadikan agenda nasional agar tali persaudaraan perantauan arek Suroboyo tetap terjaga, sesuai slogannya yakni Seduluran Sampek Matek (Bersaudara sampai mati).

Hal ini diutarakan perwakilan SC Pusat Ichwan Rosyidi, saat menghadiri acara cangkruk akbar nasional ke 5 tahun 2019. Yang digelar di Warung E’Dony Ruko Gateway Waru Sidoarjo dan diikuti ratusan anggota SC dari beberapa chapter di Indonesia.

“Jadi SC Pusat mengagendakan ini sebagai salah Satu agenda mereka. Biasanya kita punya agenda itu adalah bukber kemudian semanggi Suroboyo. Itu dua agenda besar, tapi dengan adanya ini akan kita tambah untuk chapter Surabaya ini sebagai salah satu list dari beberapa agenda yang sudah ada. Tapi tidak menutup kemungkinan di chapter lain juga dilakukan hal yang sama”, urai Icwan Rosyidi. Sabtu (09/06/2019).

Pria yang akrab disapa Cak Rosyid ini juga menambahkan, bahwa tiap chapter SC di beberapa wilayah Indonesia mempunyai kegiatan tersendiri. Sehingga SC Pusat mempunyai keterbatasan untuk membantu kegiatan tersebut, tapi SC Pusat yang ada di Jakarta tetap akan memfasilitasi dengan mengirimkan perwakilannya, supaya semua cabang SC bisa terangkul semua.

“Kemarin kan banyak sekali chapter-chapter yang mempunyai kegiatan masing-masing, kemudian ada keterbatasan juga dari pusat tidak bisa mengcover seluruhnya. Dalam arti tidak bisa melibatkan orang organisasi yang ada disana (Jakarta) harus terjun langsung, mungkin salah satunya yang bisa kita melakukan itu karena memang berhubungan dengan pekerjaannya. Kayak Cak Bogenk itu bisa kemana-mana, dia bisa sekalian mampir untuk sekedar mengkordinasi”, jelasnya.

Ketua SCP Cak Dodon sangat menyambut baik cangkruk akbar dijadikan agenda nasional oleh SC Pusat, karena acara silahturahmi dalam merayakan IduleFitri merupakan momen penantian arek Surabaya yang merantau dan tergabung dalam SC untuk berkumpul bersama di kampung halamannya.

“Nanti kita sih pingin seluruh chapter yang ada di Surabaya Community bisa berkumpul di agenda cangkruk akbar. Jadi sudah seyogyanya momen cangkruk akbar ini sebagai agenda tahunan dari Surabaya Community”, kata Cak Dodon.

Dengan berkumpul bersama sekaligus memperkuat slogan Seduluran Sampek Matek, diharapkan dapat diwujudkan dalam segala hal, khususnya di bidang sosial dan kebudayaan. Agar nama Surabaya bisa lebih dikenal oleh masyarakat daerah lain dan menjalin persaudaraan.

“Jadi pencapaiannya satu yang kita ingin capai bahwasannya keakraban, yang namanya seduluran itu akan bisa kita wujudkan di seluruh chapter yang tergabung didalam Surabaya Community. Yang kedua membuat SC itu sebagai forum yang benar-benar manfaat bagi lingkungan sendiri dan lingkungan sekitar”, tambahnya.

Dalam acara cangkruk akbar nasional SC juga dimerihakan beragam acara untuk melestarikan budaya Surabaya, seperti pentas ludruk, tari remo dan penampilan sejumlah musisi asli kota Pahlawan. (bi1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here