Bumi Langit Resmi Merilis Komik Gundala

0
38
advertorial

Beritahu – Komik Gundala naungan Bumi Langit resmi dirilis untuk menguatkan cerita dari film Gundala yang sudah tayang sejak 29 Agustus 2019.

General Menager Bumi Langit Studio Is Sunaryo menjelaskan, komik ini adalah pendamping film, namun bukan isi yang difilmkan, tetapi ceritanya lebih diperdalam kembali di komik Gundala.

“Karakter superhero Indonesia memang sengaja menjadi pilihan untuk difilm dan dikomikkan. Mending meneruskan warisan budaya, lebih baik mengingat dari pada mengenal, membuat superhero yang baru”, jelas Is Sunaryo saat konferensi pers Gundala di toko buku Gramedia Tunjungan Plaza Surabaya. Jumat (30/08/2019).

Is menambahkan, Bumi Langit tak khawatir superhero Indonesia bakal kalah dengan pahlawan super dari luar negeri. Karena superhero lokal mempunyai beberapa hal yang tidak dipunyai karakter super negara lain.

“Tidak takut dengan komik pesaing luar negeri karena karakter, keseharian, dan kebiasaanya mempunyai warisan budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh karakter luar negri. Di Indonesia ada preman, di luar negeri kan nggak ada”, tambahnya.

Namun membuat komik Gundala untuk memperkuat cerita dari film yang berjudul sama, terletak dalam penentuan setting untuk penyesuaian pasar. Pasalnya komik karya Hasmi ini pertama kali muncul tahun 1960 an.

“Kesulitan dalam membuat komik ini menurutnya, mengubah setting di tahun 1970-an yang jadul menjadi setting klasik sesuai tahun sekarang. Seperti bahasa, profesi, dan julukan orang”, tutup Is.

Tanta Ginting dan Zidney Hakim yang hadir dalam rilis komik Gundala merasa senang, bahwa pahlawan super asli Indonesia dapat dikenal luas sampai mancanegara. Namun beda antara komik dengan  menjadi pemeran film Gundala yang penuh adegan laga selevel Hollywood itu merupakan kesulitan tersendiri.

“Kesulitannya adalah gimana kita cari caranya untuk bisa memenuhi ekpektasi orang. Karena ini ya komik legendaris”, kata Tanta Ginting. (bi1)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here