Buah Murah Jadi Mewah Di Hotel Ciputra World Surabaya

0
94
advertorial

DSC_3293

Surabayastyle.com –Banyak sekali restoran maupun rumah makan di Indonesia yang lebih memilih buah impor untuk sajian makanannya yang lebih baik kualitasnya dibading dengan buah local. Namun pada Hotel Ciputra World Surabaya justru memakai buah lokal. Chef Kelana dan timnya mengolah apel malang menjadi berbagai masakan.

Karena rasanya asam dan bentuk yang kecil, apel malang jarang digunakan dalam bahan masakan. Namun, Chef Kelana dan timnya malah menjadikan kekurangan buah tersebut menjadi kelebihan dalam masakannya.
“Apel Malang itu buah yang unik, tapi jarang sekali orang yang mau mengolahnya menjadi sebuah dessert yang otentik. Padahal rasa unik inilah, yang justru cocok dengan produk-produk pattiserie”, ungkapnya.

Lalu apa latar belakang dibalik pemilihan buah Apel Malang ini?
“Saya ingin menanamkan rasa cinta produk sendiri kepada orang-orang yang mampir makan di hotel ini. Kalau hasil budidaya petani kita kualitasnya sama bagus, kenapa harus pilih produk impor?” Jawab Chef Kelana.
“Lagipula kalau dihitung ulang, konsumsi Apel Malang ini justru lebih hemat daripada apel impor. Apel impor per kilonya bisa mencapai 60 hingga 70 ribu, sementara Apel Malang hanya 20 hingga 25 ribu per kilonya.” Lanjutnya.

Terdapat berbagai macam masakan dari apel malang tersebut yang disajikan dalam kemasan Afternoon Tea. Antara lain : Apple Crumble Pie, Cheese Apple Pannacotta, Cinnamon Apple Almond, Berlinier dengan Selai Apel, Baked Apple dengan Saus Srikaya, dan masih banyak lagi.

Dari berbagai menu masakan tersebut, Chef Kelana mempunyai satu menu favoritnya yaitu Baked Apple dengan Saus Srikaya. Kareana menurut hasil penelitian, srikaya banyak mengandung manaat, diantaranya menurunkan kolesterol tinggi, sebagai obat diare dan mencegah asma, menurunkan hipertensi, serta juga baik untuk penderita diabetes.

Namun sayang banyak orang yang tidak tahu bagaimana mengolah buah srikaya dengan baik.
“Olahan Srikaya kali ini, selain dibuat sebagai saus pelengkap makan apel, juga akan dibuat dalam bentuk selai dan berbagai macam dessert.” Terang Chef Kelana.

Dia pun telah memastikan hasil olahan srikayanya lebih tasty dan segar.

Tak hanya itu, ada satu menu lagi yang menjadi perhatian dan juga termasuk dalam paket Afternoon Tea, yaitu Ayam Rempah, yang proses pengolahannya sama sekali tidak menggunakan penyedap rasa apapun melainkan hanya rempah-rempah alami yang banyak ditemukan di pasar tradisional.

Menu ini bertujuan agar mengurangi ketergantungan akan penyedap rasa yang banyak mengandung bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi dan sekaligus memperkenalkan kekayaan alam Indonesia berupa rempah-rempah kepada pengunjung Hotel Ciputra World Surabaya bahwa rempah-rempah dapat dijadikan sebagai pengganti penyedap rasa. (RCM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here